Bahaya Penyakit Kondiloma Akuminata Atau Kutil Kelamin

Apa itu kondiloma akuminata?

Kondiloma akuminata atau yang lebih dikenal dengan kutil kelamin adalah salah satu gejala yang paling umum muncul akibat infeksi menular seksual. Kondiloma akuminata umumnya muncul akibat infeksi HPV (human papillomavirus) tertentu, yaitu HPV 6 dan 11. Selain kutil pada vagina atau penis, HPV juga bisa menyebabkan kanker serviks pada wanita.

Kondiloma akuminata berbentuk benjolan daging kecil berwarna merah atau bergerombol banyak yang tampak seperti kembang kol yang tumbuh di sekitar kelamin. Dalam banyak kasus, kutil biasanya tumbuh sangat lembut dan sering kali tidak terdeteksi secara kasatmata. Namun, lama-kelamaan akan muncul dan bisa terdeteksi dengan sentuhan. Penyakit kondiloma akuminata menimbulkan rasa sakit, perih, cenderung tidak nyaman, dan gatal-gatal di area sekitar kutil.

Virus HPV yang menjadi penyebab penyakit ini biasanya ditularkan lewat hubungan seks, baik oral, vaginal, maupun anal. HPV kadang juga dapat menular ke bayi saat proses persalinan dari ibu yang terinfeksi sejak sebelum atau saat hamil.

Seberapa umumkah penyakit kutil kelamin?
Kondiloma akuminata umumnya menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Laki-laki ataupun perempuan bisa terkena penyakit ini, meski pada umumnya perempuan biasanya lebih rentan terkena penyakit ini.

Anda dapat terhindar dari penyakit kondiloma akuminata dengan mengurangi faktor risiko yang ada. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda & Gejala
Apa saja gejala kutil kelamin?
Tanda-tanda dan gejala kutil kelamin adalah:

Bengkak kecil di daerah kemaluan Anda.
Beberapa kutil berdekatan yang menyerupai bentuk kembang kol.
Rasa gatal atau rasa tidak nyaman di daerah kemaluan Anda.
Perdarahan saat hubungan seksual.
Perempuan dapat terkena penyakit kondiloma akuminata di bagian paha bagian atas, vulva, dinding vagina, daerah antara alat kelamin eksternal dan anus, saluran anus, dan leher rahim. Sementara, pria dapat terkena penyakit kutil kelamin di ujung atau batang penis, selangkangan, paha bagian atas, sekitar atau di dalam anus, di dalam saluran kemih, dan skrotum (testis).

Sebagai area yang lembap dan mudah basah, bagian kelamin menjadi tempat paling aman dan nyaman bagi virus tersebut hidup. Terlebih, jika seorang mempunyai kelenjar keringat yang banyak di bagian vital.

Kutil juga bisa berkembang di mulut atau tenggorokan dari orang yang telah memiliki kontak seksual oral dengan orang yang terinfeksi.




Bahaya Penyakit Kondiloma Akuminata Atau Kutil Kelamin